Rabu, 02 Desember 2015

Hal yang Harus Dihindari Saat Menjahit


Ada banyak alasan yang membuat sebuah project gagal, entah itu dari masalah internal maupun eksternal.
Sebenarnya tidak masalah kalau Anda membuat kesalahan selama pembelajaran, karena itulah yang dinamakan “belajar dari pengalaman”. Tapi bukankah lebih baik kalau Anda dapat belajar dari pengalaman orang lain agar tidak mengulang kesalahan-kesalahan yang sama? Inilah beberapa hal yang sering terlupakan oleh seorang sewist, baik masih di tingkat dasar maupun yang sudah lama malang melintang di dunia menjahit.


1.    Terlalu memaksakan diri
Mempunyai target memang bagus, tetapi kalau harus memaksakan diri yang sudah lelah dan bosan dengan si mesin jahit dkk juga tidak baik. Hasil menjahit dari orang yang memang sedang dalam mood menjahit yang baik, tentu akan lebih memuaskan. Jadi sebisa mungkin jangan memporsir diri Anda, terutama untuk pemula. Saya pribadi lebih memilih untuk berhenti sejenak saat merasa suatu hal sudah tidak menyenangkan, kemudian setelah saya memiliki mood lagi barulah saya akan melanjutkannya.

2.    Menangani semua kain sama rata
Beda jenis kain, beda pula penanganannya. Anda pun harus teliti saat memilih jarum yang akan Anda beli, karena beberapa jenis kain hanya bisa dijahit menggunakan jarum tertentu.

3.    Salah memilih benang
Benang yang tidak tepat pun dapat membuat project yang Anda kerjakan tergangggu. Jadi belilah benang yang berkualitas dan cocok dengan jenis kain yang sedang Anda kerjakan.

4.    Salah memilih kain
Saat Anda di toko kain, mungkin Anda akan tergoda dengan bermacam-macam jenis dan motif kain. Tetapi cobalah untuk bijak. Pilihlah kain yang memang benar-benar cocok dengan project yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Karena tidak semua jenis kain cocok untuk dijadikan bahan untuk project Anda. Tidak mungkin kan Anda menggunakan bahan denim untuk membuat baju tidur?

5.    Potong pola asal-asalan
Pola adalah salah satu penentu keberhasilan suatu project. Jadi jangan sembarangan dalam membuat pola maupun saat mentransfer pola tersebut pada kain. Lakukan dengan teliti.

6.    Korupsi ukuran
Cobalah untuk  menghargai bentuk tubuh yang Tuhan berikan kepada Anda sekarang. Bermain curang dengan mengubah-ubah ukuran badan Anda dapat merusak hasil akhir project Anda. Anda pun tidak dapat berpuas-puas ria dengan hasil jerih payah Anda.


Demikianlah beberapa kesalahan kecil yang kadang kita lakukan saat mejahit. Sebagian dari kesalahan tersebut terjadi karena ketidaktahuan Anda tentang ilmu jahit-menjahit dan sedikit ‘kenakalan’.Cobalah untuk menghindari kesalah-kesalahan diatas agar hasil menjahit Anda memuaskan dan menjadi usable long life handmade craft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar