Sabtu, 28 November 2015

Solusi Meng"obras" Tanpa Mesin Obras




Dalam dunia jahit menjahit detail sangat menentukan hasil akhir dari sebuah project atau busana yang kita buat.
Salah satu yang wajib hukumnya untuk dilakukan seorang penjahit pemula atau yang sudah profesional adalah mengobras pinggiran busana yang hampir jadi dibuat. Fungsi obras adalah untuk melindungi pinggiran kain dari lepasnya benang-benang halus penyusun kain tersebut, sehingga kain atau busana dapat bertahan lebih lama. Dengan mengobras pinggiran busana pun dapat membuat sebuah busana terlebih lebih indah dan rapi. Lalu bagaimana kalau Anda tidak memiliki mesin obras di rumah? Apa itu artinya Anda tidak bisa membuat busana yang berkualitas dan indah? Tentu saja tidak. Every problem has its solution, right?
Maka dari itu saya membuat artikel ini untuk menjadi solusi bagi orang-orang yang tetap ingin berkreasi walau tanpa bantuan mesin obras. Lalu bagaiman caranya? 

1. Gunting Zig-Zag/Gerigi



source : craftsy

Selain digunakan dalam proses pembuatan kerajinan dari bahan kain flanel, gunting keriting ini juga digunakan sebagai alat pengganti mesin obras. Anda hanya tinggal meggunting pinggiran kain dengan gunting ini saja. Teknik ini paling cocok diterapkan pada kain yang tidak akan terlalu sering dicuci atau dilaundry.
  
 2.  Jahit Zig-Zag

source : craftsy

Cara kedua adalah dengan menjahit zig-zag. Anda dapat memilih untuk menjahit zig-zag satu per satu tepian atau langsung menjahit kedua tepian busana. Anda pun dapat menggunting kain yang tersisa di ujung tepian agar terlihat lebih rapi dan indah.

3. Lipat & Jahit

source : craftsy

Jika Anda masih menggunakan mesin jahit manual yang hanya bisa menjahit lurus, maka teknik ini sangat tepat untuk Anda. Balik/lipatlah bagian pinggiran kain yang akan Anda obras sekitar 0,5 cm. Kemudian jahit tepian tersebut sampai selesai. Anda juga dapat menyetrika lipatan tersebut terlebih dahulu sebelum Anda menjahitnya agar lebih mempermudah proses penjahitan.

4. Jahit Lurus & Gunting Zig-Zag

source : craftsy
Teknik ini akan lebih efektif untuk mencegah lepasnya benang-benang halus pada kain daripada hanya mengguntingnya secara zig-zag saja. Yang perlu Anda lakukan adalah menjahit lurus pada bagian yang ingin Anda obras dengan jarak 0,5-1 cm dari tepian kain. Kemudian buang bagian tepian kain menggunakan gunting zig-zag atau rotary cutter dengan pisau bergerigi.

5. Bias Tape/Bisban

source : craftsy 

Teknik yang satu ini memerlukan bahan lain untuk menyelesaikan tepian kain, yaitu bisban/bias tape. Bahan ini dapat Anda beli di pasaran atau dibuat sendiri di rumah. Caranya pun terbilang sedikit lebih rumit dibandingkan teknik-teknik lainnya. Namun sebanding dengan kerumitan, teknik satu ini dapat memberikan kesan indah sekaligus  unik pada busana Anda.



Anda tidak memerlukan sebuah mesin obras untuk menciptakan busana atau project yang cantik, bukan? Selain dapat menghemat budget Anda, cara-cara di atas pun dapat membuat busana ataupun project yang Anda kerjakan terlihat lebih special dengan sentuhan handmade yang Anda berikan.

4 komentar: