Minggu, 29 November 2015

Perlengkapan Dasar Menjahit




Bagi Anda yang baru saja mulai belajar menjahit, tentunya Anda akan memerlukan alat-alat yang dapat mendukung kegiatan baru Anda ini.
Lalu apa sajakah alat-alat yang Anda perlukan?

1.   Mesin Jahit
Ada beberapa jenis mesin jahit dipasaran. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Untuk pemula, tidak perlu membeli mesin jahit yang mahal. Belilah mesin jahit yang murah atau yang bekas. Barulah setelah Anda merasa skill menjahit Anda meningkat, Anda dapat membeli mesin jahit yang lebih canggih untuk investasi masa depan Anda.

2.  Jarum Jahit Mesin
 
 
  
      Biasanya saat Anda membeli mesin jahit, sudah terdapat jarum jahit di dalam paket tersebut. Sayangnya hanya disediakan satu jenis jarum saja. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan berbagai jenis jarum jahit di rumah agar saat diperlukan Anda tidak perlu repot-repot mencarinya di toko.
   
      3. Benang

      Pilihlah benang yang berkualitas, walau dengan harga yang sedikit lebih mahal. Karena kualitas benang akan membuat busana yang Anda buat lebih tahan lama. 

        4. Sepatu Mesin Jahit  
     


       Sama halnya dengan jarum, sepatu pun sudah ada di dalam paket lengkap mesin jahit. Sepatu jahit biasa, sepatu jahit sebelah, sepatu resleting dan sepatu resleting jepang adalah beberapa jenis sepatu mesin jahit yang sebaiknya tersedia di rumah Anda.

       5. Palet/Spul & Sekoci

      


      Palet/spul adalah tempat menyimpan benang bagian bawah sedangkan sekoci adalah tempat meyimpan/meyematkan palet. Sebaiknya Anda menyiapkan jumlah palet setara dengan jumlah benang yang Anda miliki.

      6. Kain


      Untuk pemula tidak perlu langsung membeli kain-kain yang berharga mahal. Belilah kain blacu atau  kain kiloan apabila Anda masih mengasah kemampuan menjahit yang paling dasar. Dan apabila Anda merasa kemampuan menjahit Anda sudah meningkat, Anda dapat membuat busana untuk dikenakan baik untuk di dalam maupun diluar rumah menggunakan kain yang lebih bagus.  

      7. Gunting

      


      Beberapa jenis gunting yang Anda butuhkan diantaranya
  •  Gunting Kain 
         Gunting ini dipakai khusus untuk menggunting kain. Pegangan bagian atas gunting digunakan   untuk menempatkan ibu jari sedangkan bagian bawah untuk keempat jari lainnya. Jangan menggunting kertas atau bahan lainnya menggunakan guting ini, karena dapat membuat gunting ini rusak dan mudah tumpul. 
  •   Gunting Kertas 
          Gunting ini khusus digunakan untuk menggunting kertas, biasanya diperlukan saat kita akan menggunting pola.
  •  Gunting benang 
          Gunting ini digunakan untuk menggunting benang atau bagian-bagian sulit untuk digunting dengan gunting besar.  

8. Pita Ukuran



Alat ini digunakan untuk mengambil ukuran badan maupun saat mengukur pola. Biasanya pita ukuran terbuat dari plastik lentur yang tak tembus pandang ataupun kain dengan lebar 1-1,5 cm dan panjang 150-200 cm. 

9. Penggaris Pola



Penggaris ini digunakan saat Anda akan membuat pola di kertas. Biasanya berbentuk letter L dan melengkung (dressmaking).

10. Kapur/Pensil Kain


Digunakan saat Anda memandai atau menggambar pola di kain, biasanya kapur/pensil ini berwarna terang dan mencolok.

11. Kertas Karbon

Kertas karbon digunakan untuk memberi tanda pola pada kain dengan bantuan rader. Kertas karbon jahit yang baik akan mudah terhapus saat  terkena setrika yang tak terlalu panas.

12. Pencabut Benang




Alat ini akan sangat berguna saat Anda melakukan kesalahan saat menjahit, karena alat ini dapat membuka/mencabut benang yang terjahit di kain. 

13. Jarum Tangan


Suka ataupun tidak, dalam kegiatan jahit-menjahit menggunakan mesin pun jarum jahit tangan masih tetap diperlukan. Jadi sediakanlah sejumlah jarum tangan di rumah Anda.

14. Jarum Pentul



Jarum ini akan sangat bermanfaat saat Anda akan memindahkan pola ke kain dan saat menjahit kain-kain yang licin.  

15. Bantalan Jarum
  

Bantalan jarum digunakan untuk untuk menyematkan jarum agar tidak mudah hilang dan mudah diambil saat akan digunakan. Anda pun dapat berkreasi dengan membuat bantalan jarum Anda sendiri dengan bentuk yang Anda inginkan menggunakan kain sisa/perca.

16. Setrika


Setrika bukan hanya digunakan saat Anda merapikan busana yang sudah jadi saja. Tapi juga digunakan saat Anda mempress kain yang sedang Anda jahit. Setrika juga diperlukan saat membuat bagian-bagian busana, misalnyaban pinggang, kerah, manset dan lain-lain. Pada bagian-bagian tersebut setrika digunakan untuk untuk memanaskan kain viselin berperekat agar mudah menempel pada kain.




Demikianlah beberapa alat yang Anda butuhkan untuk menjahit pada tahap dasar. Apakah Anda sudah siap untuk praktek menjahit?


 


 
 

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat pola kemeja beserta cara menjahitnya?.. Anda bisa memesan paket CD belajar menjahit di Fitinline..

    BalasHapus