Sabtu, 05 Desember 2015

Hal yang Perlu Diketahui Penjahit Pemula


Belajar menjahit tidak sesulit yang banyak orang bayangkan. Selama ada niat dan keinginan yang kuat, memiliki keterampilan menjahit bukan hanya angan-angan saja.
Pemilihan alat & perlengkapan penunjang kegiatan ini pun menjahit salah satu aspek penting berhasil atau tidaknya project yang Anda buat. 

Dalam pembahasan kali ini, saya akan sedikit memberikan penjelasan mengenai hal-hal yang sering terlupakan oleh seorang penjahit pemula. Agar Anda tidak membuat kesalahan fatal saat menjahit, alangkah baiknya kalau Anda mempraktikkan hal-hal di bawah dalam kegiatan jahit-menjahit Anda.


1.    Pemilihan perlengkapan

Investasikanlah uang Anda pada alat-alat yang berkualitas, termasuk pada mesin jahit. Berkualitas tidak selalu harus mahal, yang penting mesin jahit tersebut memiliki feature yang Anda butuhkan dan dapat bertahan lama. Saya tidak menyarankan Anda langsung membeli mesin jahit mahal saat Anda baru saja memulai, karena bisa saja Anda kehilanagn semangat dan minta menjahit di tengah jalan dan akhirnya mesin jahit mahal Anda pun malah dimuseumkan. Mulailah dengan mesin jahit yang tidak terlalu mahal, karena Anda bisa meng-up gradenya kapanpun. Baca juga artikel saya yang menjelaskan tentang perlengkapan dasar menjahit di sini.

2.    Pemilihan project

Saya tahu apa yang ada di bayangan Anda ketika ingin memulai praktik menjahit. Membuat sesuatu yang bagus, terlihat rumit dan dapat mengesankan orang lain. Memang tidak ada salahnya membuat project seperti yang ada di pikiran Anda. Namun alangkah lebih baiknya kalau Anda memulai dengan suatu hal yang kecil. Cobalah untuk membuat sarung bantal, tote bag, pembatas buku, atau project-project lain yang hanya membutuhkan keterampilan menjahit dasar. Dengan memulai dengan project yang sederhana membuat Anda lebih have fun saat menjahit dan Anda pun dapat sejauh mana skill menjahit Anda berkembang. Saat Anda merasa sudah lancar mengerjakan project-project sederhana tersebut, barulah bersiap untuk maju ke tahap selanjutnya.

3.    Jangan terburu-buru

Berhentilah saat Anda merasa kegiatan ini tidak menyenangkan lagi. Jangan memaksakan diri Anda dengan terus menerus melakukannya padahal Anda sudah tidak menikmatinya. Anda dapat memulai kapan saja, dan berhenti kapan saja. Panduan yang menatakan Anda dapat meyelesaikan selama 2 jam, bukan berarti Anda benar-benar harus menyelesaikannya dalam waktu 2 jam. Jadikan jahit-menjahit menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan, bukan kegiatan yang membuat stress dan membuat Anda merasa seperti di ajang balapan.

4.    Ketahui tentang obras

Bagian dalam project yang tidak terobras akan terlihat benar-benar tidak profesional. Selain itu, tepian kain yang tidak diobras akan membuatnya cepat rusak sehingga tak tahan lama. Anda tentu tak mau hasil kerja keras Anda rusak hanya karena hal kecil, kan?. Menginvestasikan uang Anda untuk sebuah mesin obras merupakan pilihan yang baik. Tapi jika Anda belum punya budget yang cukup untuk membelinya, Anda dapat menggunakan teknik lain sebagai pengganti pengganti mesin obras Anda seperti yang sudah saya jelaskan di sini. Selain lebih ekonomis, cara-cara tersebut dapat memberikan kesan handmade-look yang mengesankan pada setiap project Anda.

5.    Carilah pembimbing

Saat ada yang tidak berjalan mulus, ini akan sangat membantu. Gunakan buku dan internet sebagai panduan adalah cara yang baik. Bergabunglah dengan forum-forum menjahit agar Anda dapat saling berbagi tentang pengalaman yang Anda dapatkan dengan banyak orang. Selain itu berkonsultasi dan minta bantuan kepada orang yang sudah ahli pun menjadi hal yang patut Anda coba.

6.    Kesalahan bukanlah akhir

Jangan menyerah begitu saja hanya karena Anda membuat kesalahan. Jika Anda salah, perbaiki. Jika Anda gagal, coba lagi. Hanya itu rumusnya. Ingatlah pula bahwa kesalahan dan kegagalan adalah bagian dari pembelajaran. Tidak masalah kalau Anda membuat jahitan yang tidak rapi saat pertama kali membuat project, inilah yang membuat kegiatan jahit-menjahit serta project Anda tersebut spesial. Dan itu pulalah yang memberikan Anda motivasi untuk membuat sesuatu yang lebih baik di kesempatan Anda selanjutnya.

1 komentar:

  1. Belajar menjahit apa perlu belibmesin jahit baru yaa?? Soalnya aku cuma punya mesin jahit lama

    BalasHapus